Kamis, 06 September 2012

Cara Praktis Buka Rekening Tabungan

Pegawai BII melayani pembukaan rekening tabungan
Pegawai BII melayani pembukaan rekening tabungan (ANTARA/Prasetyo Utomo)
VIVAnews - Proses membuka rekening tabungan di bank kerap dianggap proses yang rumit dan memakan waktu. Nasabah harus mengisi banyak dokumen secara tertulis.

Untuk mengatasi keluhan tersebut, PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) meluncurkan program pembukaan rekening tabungan tanpa harus mengisi dokumen tertulis (paperless account opening).
Melalui layanan ini, nasabah yang hendak melakukan pembukaan rekening tak perlu lagi mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening. Nasabah cukup menyerahkan kartu identitas kepada petugas customer service dan memberikan tanda tangan sesuai dengan kewajiban good corporate governance.
Melalui sistem ini, proses pembukaan rekening dapat dilakukan dalam waktu 12 menit, atau lebih cepat 60 persen dibanding proses konvensional yang selama ini dilakukan di BII. Proses ini juga lebih cepat dibandingkan dengan di industri perbankan yang berkisar 20 menit.
Layanan ini didukung teknologi IBM Enterprise Content Management (ECM). Dengan solusi ini, BII dapat mempercepat input data dengan akurasi yang tinggi serta biaya yang lebih rendah. Sistem paperless account ini merupakan layanan berbasis teknologi yang pertama di Indonesia.

"Melalui proses paperless account opening ini, kami memasuki fase baru dengan meninggalkan proses pembukaan rekening berbasis dokumen kertas dan beralih ke teknologi digital," ujar Presiden Direktur BII, Dato' Khairussaleh Ramli dalam keterangan persnya.

Proses ini akan memberikan dampak positif, mulai mempersingkat proses pembukaan rekening, mengurangi waktu tunggu nasabah, hingga meningkatkan inovasi bisnis berwawasan lingkungan secara efisien.
Pada tahap awal, BII akan menerapkan paperless account opening di kantor cabang induk dan dalam satu tahun ke depan diproyeksikan dapat diimplementasikan di seluruh kantor cabang BII di Indonesia. (art)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbelanjalah Disini